Tim dosen Program Studi Produk Pengembangan Agroindustri (PPA) Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan melakukan sosialisasi dan pembuatan produk unggulan dari Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa. Kegiatan yang diketuai oleh Dosen Prodi PPA (POLINELA), Kurnia Rimadhanti Ningtyas, S.T.P., M.Sc., tersebut dilaksanakan kepada para santri di Pondok Pesantren Darul Iman, di Natar Lampung Selatan, Sabtu (30/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Kurnia Rimadhanti Ningtyas, menyampaikan materi potensi  tentang pemanfaatan limbah sabut kelapa menjadi produk unggulan lokal. Dimana Pengolahan hasil buah kelapa terutama produk turunannya masih memiliki peluang yang cukup besar untuk dikembangkan. Saat ini industri pengolahan buah kelapa umumnya masih terfokus kepada pengolahan hasil daging buah sebagai hasil utama, sedangkan industri yang mengolah hasil samping buah (by product) seperti air, sabut, dan tempurung kelapa masih bisa diolah secara tradisional. Hal ini lah, melatar belakangi kegiatan tersebut. Selanjutnya, dilakukan praktek pembuatan produk jadi dari pemanfaatan limbah sabut kelapa menjadi sapu oleh para santri di pesantren darul iman. Dimana produk sapu dapat dikembangkan menjadi salah satu produk berbasis kelapa dan berdaya saing nasional.

 

Di akhir kegiatan, Kurnia Rimadhanti Ningtyas menyampaikan dari kegiatan PKM ini diharapkan semakin banyak pemanfaatan limbah sabut kelapa menjadi produk unggulan lokal yang dapat berdaya saing nasional dan dapat mengembangakan produk jadi berbasis kelapa dan turunan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *