Prodi D4 TRKJJ Mendukung Penyediaan Data Geospasial untuk Pemetaan Batas Administrasi Desa di Provinsi Lampung

Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Tahun 2020, Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melakukan pelatihan dan pendampingan untuk pembuatan peta wilayah administrasi Pekon (Desa) Gisting Permai Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus berbasis Geospasial. Tim terdiri dari 5 orang Dosen Prodi D4 TRKJJ (bersertifikat Analis Terestris dari BNSP) yang diketuai oleh Kelik Istanto dengan anggota Andy Eka Saputra, Aniessa Rinny Asnaning, Arischa Oktaviana, dan Randy Setiawan.

“Kegiatan ini berawal¬† dari permasalahan yang kami temukan di lapangan bahwa peta bereferensi geografis (geospasial) dibutuhkan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan di desa. Namun demikian SDM perangkat pekon / desa belum menguasai metode maupun teknologi Sistem Informasi Geografis untuk penyediaan peta berbasis Geospasial. Untuk itu kita menawarkan solusi untuk permasalahan tersebut melalui PKM” ungkap Kelik Istanto.

Senada dengan yang disampaikan ketua tim PKM, Didi Wantoro selaku Pj. Kelapa Pekon, menyampaikan permasalahan serupa dan berterimakasih kepada Politeknik Negeri Lampung. “Melalui kegiatan tersebut, kami mendapatkan minimal dua manfaat yakni peningkatan pengetahuan terkait pemetaan dan tersedianya peta wilayah administrasi Pekon Gisting Permai sesuai yang disyaratkan oleh Pemerintah Kabupaten” demikian disampaikan Didi Wantoro.

Tim PKM Prodi D4 TRKJJ menyampaikan bahwa sebagai kelanjutan dari kegiatan tersebut akan dilakukan pelatihan / bimbingan teknis lanjutan bagi perangkat pekon dan atau masyarakat serta peta yang telah dibuat akan disajikan dalam bentuk WebGIS.

Hubungi Prodi D4 TRKJJ

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *